Pencarian

Loading...

Jenis-Jenis Makhluk Halus Yang Terkenal Di Pulau Jawa

1. Genderuwo





















Hantu yang suka tinggal di pohon-pohon besar atau gedung-gedung tua. Ia berupa sosok hitam besar, tidak banyak bergerak. Kalau di pohon ia suka bergelantungan di dahan, atau duduk di bawah pohon. Baunya sangat khas menusuk hidung. Ia tidak suka mengganggu orang, hanya saja suka menampakkan diri dengan sosok besarnya.


2. Sundel Bolong


















Sundel, bahasa Jawa yang artinya WTS/PSK, bolong artinya lobang. Sundel bolong berupa sosok wanita yang punggungnya berlobang. Jika kita berhadapan, baunya sangat wangi, tapi kalau beliau berbalik badan, akan menebarkan bau busuk dan amis. Ia suka berkeliling di tempat-tempat ramai. Suka membujuk para pria berhidung belang untuk berhubungan sex. Konon, ia adalah bekas tandak, ledek, penari, atau WTS yang mati secara mengenaskan, akibat disia-siakan laki-laki hidung belang itu juga.


3. Jerangkong
















Hantu yang berupa kerangka manusia. Ia suka berkeliling dari kampung ke kampung. Kemunculannya antara jam01.00 sampai 02.00 dini hari. Ia disebut thethekan karena kalau berjalan mengeluarkan bunyi "thek, thek, thek,...", yang ditimbulkan dari benturan rahang atas dan rahang bawah. Namun bisa juga disebut jerangkong yang sangat suka mengganggu orang, terutama anak-anak kecil. Konon, anak yang sempat mendengar atau melihat jerangkong ini, akan menangis sepanjang malam.


4. Ndas Glundung




















Hantu berupa kepala manusia. Ia sangat suka menganggu dan mengejutkan orang dengan cara meng'gelundung' secara tiba-tiba di depan banyak orang. Konon, ia adalah kepala para orang-orang yang mati dengan cara disembelih. Ndas Glundung konon banyak muncul di tempat-tempat bekas pembantaian pada jaman pengganyangan PKI (Partai Komunis Indonesia) 1965 dan setelahnya.


5. Memedi Usus





















Berupa bentangan usus manusia, yang akan melilit kaki orang yang sedang melintas di jalan. Ia biasanya melintang di jalan untuk menunggu mangsa. Orang yang kebetulan terlilit oleh Memedi Usus, akan merasa berat dan sulit untuk berjalan.


6. Pocong





















Berupa sosok yang berpakaian orang mati (berkain kafan alias pocong itu). Beliaunya tinggal di kuburan seseorang, yang konon semasa hidupnya bergelimang dengan dosa; Misalnya rentenir, pemelihara tuyul atau perewangan. Dan ia tidak rela atas kematiannya. Ia sukanya menggantung di pohon, bersandar, atau rebahan di tepi jalan.


7. Oyot Nimang





















Suatu akar gaib yang bisa menghilangkan ingatan atau kesadaran seseorang, yang tanpa sengaja menginjak atau melompatinya. Orang yang kena pengaruh Oyot Nimang berjalannya akan terus berputar-putar di tempat yang sama, tapi ia merasa berjalan ke tempat yang dituju.


8. Kuburan Bajang
















Tempat dipendamnya bayi hasil hubungan gelap, yang dikeluarkan secara paksa, karena umurnya belum saatnya untuk dilahirkan. Pada malam-malam tertentu, tempat tersebut mengeluarkan suara tangisan bayi yang memilukan....


9. Kemamang

















Kemamang adalah makhluk jahat bersayap, kepala memiliki api. Kemamang juga sering dikaitkan dengan Lampor, dan penampilannya selalu mengerikan. Di daerah Gunung Kidul, Kemamang disebut Pulung Gantung. Setiap orang yang bertemu dengan Kemamang pasti akan mengalami kejutan mental dan berakhir dengan bunuh diri (gantung diri). Di Gunung Kidul, kasus ini sangat umum terjadi..


10. Grandong





















Hantu yang sangat ganas, bahkan bisa membinasakan. Ia berupa sosok yang sangat menakutkan. Wajah dan matanya merah, taringnya panjang, kulitnya abu-abu bersisik, rambutnya panjang dan kasar, rastamania man. Ia bersifat nomaden, tapi ketika ia tinggal di desa tertentu, bisa menggegerkan orang se-desa. Akhirnya tempat tersebut setiap malam akan terasa mencekam, karena tidak ada seorang pun yang berani keluar rumah.


11. Wewe Gombel





















Hantu berwujud sosok wanita yang sangat tua, dengan pakaian compang-camping, dan (maaf) payudaranya menggelantung sampai menyentuh tanah. Dia suka mengganggu anak-anak balita dengan cara mengajaknya ke tempat-tempat yang sepi, kemudian anak tersebut di tinggal di tempat itu. Atau kalau dia lagi suka, diajaknya keliling-keliling sampai berhari-hari. Kalau sudah bosan ditinggalkan anak tersebut, entah di tengah sawah, di hutan, di atas pohon, dan sebagainya.


12. Kebleg
















Berupa kelelawar besar (wujudnya semacam kalong), sukanya mencuri beras di pedaringan (Jawa), yaitu tempat menyimpan beras. Tapi, beliau ini ternyata juga suka mencuri telur (bisa telur ayam atau bebek). Konon, ia adalah peliharaan seseorang. Semacam tuyul, tapi beliau spesialisasinya beras dan telur.


13. Tuyul

















Hantu ini mungkin paling dikenal. Ia peliharaan seseorang, bertugas mencuri uang untuk disetorkan kepada pemeliharanya. Wujudnya berupa sosok anak balita, tapi tidak bisa dibedakan antara yang laki-laki dan perempuan. Tuyul ini sukanya bermain-main di tempat yang kotor dan becek.

2 comments:

  1. manteb tenan

    ReplyDelete
  2. Lumayan Kang.. :D Monggo dipun tambahi Maleh :D

    ReplyDelete